Pada hari Senin, 5 Februari 2024 dilaksanakan musyawarah besar Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar di Aula Drs. H. Aidil Fitrisyah pada pukul 09.30 WIB. Kegiatan ini dibuka oleh Bapak Aldora Pratama, M.Pd. selaku Kepala Laboratorium PGSD, dan dihadiri oleh Ibu Susanti Faipri Selegi, M.Pd. selaku pembina HMPS PGSD, demisioner HMPS PGSD, perwakilan dari ormawa MPM, BEM Universitas, DPM, BEM FKIP, dan perwakilan dari tiap kelas PGSD sebagai peserta musyawarah besar.

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang diadakan oleh HMPS PGSD di akhir periode kepemimpinan. Total peserta penuh dalam musyawarah besar ini berjumlah 139 orang, yang terbagi menjadi 128 orang peserta penuh yang berasal dari perwakilan kelas di semester 1, 3, dan 5 ditambah 11 orang peserta peninjau yang berasal dari perwakilan ormawa FKIP dan demisioner HMPS PGSD.

Dalam musyawarah besar ini diadakan 4 sidang pleno. Pada sidang pleno 1 disahkannya Tata Tertib Musyawarah Besar HMPS PGSD dan pengesahan Presidium sidang oleh Pimpinan Sidang Sementara (Pindangtar). Sidang pleno 2 dilanjutkan dengan dipimpin oleh Presidium Sidang untuk membahas dan mengesahkan Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) HMPS PGSD periode 2023/2024. Suasana musyawarah besar terlihat aktif dengan diskusi dan masukan dari para peserta musyawarah untuk PGSD yang lebih baik kedepannya. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan laporan pertanggungjawaban seluruh kegiatan HMPS PGSD selama 1 tahun kepengurusan oleh Ketua HMPS PGSD periode 2022/2023, Aldy Yamanda. Sidang pleno 2 diakhiri dengan pendemisioneran kepangurusan HMPS PGSD Masa Bakti 2022/2023 oleh Presidium Sidang.

Sidang pleno 3 diisi dengan pemilihan calon Ketua dan Wakil Ketua HMPS PGSD periode 2023/2024. Paslon menyampaikan visi dan misinya di hadapan seluruh peserta musyawarah besar. Para peserta musyawarah diberi kesempatan untuk bertanya kepada pasangan calon ketua dan wakil ketua. setelah itu dibacakan surat pengesahan Ketua dan Wakil Ketua HMPS PGSD Terpilih Masa Bakti 2023/2024, Juproni dan Mochamad Saputra. Kemudian dilanjutkan dengan sidang pleno 4 yang berisi pidato pertama Ketua HMPS PGSD 2023/2024.

Salam Demokrasi Mahasiswa!